Skip to main content

SHALAT BAGI MUSAFIR; KAJIAN FIQIH RUTIN PEKANAN AHAD BA’DA SUBUH


Kajian Rutin Pekanan Ahad Ba’da Subuh pagi ini sampai pada bab tentang “Shalat bagi Musafir“.
Pembahasan dibuka dengan pendahuluan sedikit uraian mengenai pribadi Rasulullah Shollallohi ‘Alaihi Wassalam, yang merupakan sosok paripurna, multi talenta: pengusaha, panglima perang, politisi, dan kepala keluarga. Sesempurna apapun sosok Rasulullah, beliau bukanlah malaikat, melainkan manusia biasa seperti kita. Yang artinya bahwa kita bisa dan harus berusaha untuk meneladani beliau sepenuhnya.
Berkaitan dengan datangnya bulan Rabiul Awal dan banyaknya masjid atau musholla yang akan menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi, Ustadz Zarkasih berpesan kepada jama’ah untuk tidak mengendepankan perbedaan-perbedaan mengenai dasar dan hukum pelaksanaan peringatan Maulid Nabi. Alih-alih, akan jauh lebih baik kalau energi, waktu, dan daya upaya yang ada digunakan untuk sama-sama berdakwah kepada saudara-saudara seiman lainnya yang tingkat pemahaman agama dan keimanannya masih lemah.
Di bawah ini adalah beberapa catatan berkaitan dengan materi kajian pagi ini.
Syarat diperbolehkannya Shalat Safar (sholat dengan tata cara khusus ketika sedang dalam perjalanan):
  • Berniat untuk melakukan perjalanan (safar)
  • Safar dengan tujuan tertentu, tidak boleh untuk perjalanan yang tidak direncanakan tujuannya
  • Keluar rumah
  • Melampaui jarak minimal yang disyaratkan
  • Tidak membatalkan niat safar
Jarak minimal safar menurut Imam Madzab
  • Menurut Imam Maliki, Imam Syafi’i, dan Imam Hambali: waktu tempuh perjalanan 2 hari, atau sejauh 16 farsakh (setara dengan 88,704 km)
  • Menurut Imam Hanafi: waktu tempuh perjalanan 3 hari, atau sejauh 24 farsakh (setara dengan 135km)
  • Menurut Imam Dzahiri: tidak ada batasan jarak dan waktu, cukup menurut kebiasaan masyarakat di lokasi tersebut atas kriteria safar.
Berakhirnya kondisi safar adalah:
  • Sudah tiba di rumah, atau
  • Tiba di tempat mukim lain, atau
  • Sudah melewati batas waktu ‘sementara’
Seperti biasanya, sebelum kajian berakhir terlebih dahulu diadakan sesi tanya jawab berkaitan dengan materi yang telah disampaikan Sang Ustadz.

Comments

Popular posts from this blog

PROFIL SINGKAT USTADZ YUDI FAISAL, S.AG.

Pendidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta Pondok Pesantren Darussalam, Ciamis, Jawa Barat Kompetensi dan Aktivitas Pengusaha Konsultan dan  motivator  masalah hidup Pembicara, nara sumber, dan trainer dalam acara-acara pelatihan, seminar, dan tabligh akbar di berbagai lokasi di Indonesia: Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Jawa Barat Lembaga CV. Alam Persada Mandiri, bidang usaha:  Property Perhimpunan Pengusaha Muslim Indonesia. Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPMI). www.pengusahamuslimindonesia.com Tempat tinggal: Yogyakarta Lain-lain Mempunyai keahlian memotong rambut Beberapa video di Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=A1tfWeZiCo4 https://www.youtube.com/watch?v=n-UPfucQiv8 https://www.youtube.com/watch?v=-LKeSFAm7cw Pesan-pesan penting “Kunci sukses: Shalat tepat waktu dan berjamaah di masjid, Sholat Tahajud, Sholat Dhuha, dan sedekah.” “Suksesmu adalah keputusanmu. Kesulita

TA'LIM ANAK & REMAJA BERTASBIH BERSAMA ALAM

_Tasbih (kalimat subhanallah).. adalah zikir dengan mengagungkan dan mensucikan nama Allah._ _Gunung.. burung.. planet-planet, juga makhluk ciptaan Allah lainnya ternyata semua bertasbih kepada Allah._ _Bagaimana tasbih mereka?_ Teman-teman....hadir yuk pada hari : 📅 : *Sabtu, 27 Oktober 2018* 🕰 : Pukul 16.30 s.d. 17.30 🕌 : Masjid Ar Rahim Sawangan Permai Depok _dalam..._  *TA'LIM ANAK & REMAJA* ⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐ Bersama: 🎤 *Ustadz Tedi Darussalam* _In sya Allah membawakan tema..._ *BERTASBIH BERSAMA ALAM* ⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐ Yuk.. ajak teman-teman lain ya 👍 🎈 Siapa aja boleh ikut... 🎈 Siapa aja boleh datang... Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ACYC Ar Rahim Children & Youth Center Divisi Pembinaan Anak & Remaja Masjid Ar Rahim Sawangan Permai Depok